10 Robot Menakutkan dan Menakjubkan yang pernah Diciptakan


Bukan hanya internet yang terus berkembang dan menggantikan banyak produk sebelumnya, namun juga teknologi di dunia robotika. Di rumah kamu pasti ada microwave, kulkas, TV, pemanggang roti dan lainnya yang menggunakan prinsip robotika. Untuk melihat perkembangan dunia robotika, coba kamu simak 10 robot menakutkan dan menakjubkan yang pernah diciptakan ini.

Selama ini kita banyak disuguhkan film-film bertema robot yang terlihat canggih dan futuristik. Mungkin kamu tidak mengetahui bahwa dunia robotika sedang berkembang pesat saat ini.

10 Robot Menakutkan dan Menakjubkan Yang Pernah Diciptakan

1. Bina48

Bina48 

Bina48 ciptaan Bruce Duncan dan David Hanson ini bisa dikatakan sebagai salah satu contoh perkembangan dunia robotika yang menakutkan dan mengejutkan. Robot berparas manusia ini mampu menirukan banyak ekspresi manusia dan berpikir seperti manusia yang memiliki emosi loh!

Usut punya usut, ternyata 'otak' Bina48 ini telah dibekali informasi kecerdasan buatan yang berisi hasil rekaman dengan seorang wanita bernama Bina Rothblatt. Maka dari itu, robot ini bisa diajak berbicara.

2. RoboFly Catcher

RoboFly Catcher 

Awal konsep RoboFly Catcher ini sangat menarik, yakni untuk mengendalikan hama di lingkungan sekitar kita. Bagian menakutkan dari robot ini adalah bahwa robot ini berbahan bakar daging, entah itu daging hewan (lalat, tikus) atau bisa juga daging manusia. Singkatnya, selama diisi daging, robot ini akan terus hidup. Menakutkan bukan?

3. La Machine Spider Robots

La Machine Spider Robots 

Dibangun oleh La Machine pada tahun 2008, robot laba-laba setinggi 40 kaki dan berat 37 ton ini ditempatkan di tempat umum di Liverpool, Inggris. Bertujuan untuk membuat warga takjub, robot ini malah dibuat takut karena dari kaki robot ini mengeluarkan api, asap, angin dan air. Akhirnya robot ini pun dihilangkan karena mengganggu. Kebayang kan jika robot ini ada di jalan raya dan membuat kekacauan? Seram!

4. NAO

NAO 

Dengan menggunakan sistem ARIA (Adaptive Robot Mediated Intervention Architecture) pada robot humanoid NAO, robot ini bisa memberikan petunjuk secara lisan dan memberi isyarat melalui gerakan kepada anak-anak untuk menarik perhatian mereka, sehingga digunakan untuk terapi penyandang autis. Meski menakjubkan, namun bisa dibayangkan jika ke depannya semua aspek kehidupan pun mulai digantungkan oleh NAO? Orang harus membayar lebih mahal untuk dapat melakukan sesuatu.

5. Animatronic

Animatronic 

Animatronic adalah istilah robotika untuk menggambarkan konsep rekaan makhluk hidup yang dibuat oleh robot. Tapi, apa jadinya jika ternyata ada sebuah robot yang benar-benar bertingkah hidup? Adalah seorang seniman di New York bernama Jordan Wolfson yang sukses menciptakan robot tanpa nama yang mampu menari, berbicara, lip sync lagu populer bahkan meraba-raba tindakan lainnya yang biasa dilakukan manusia. Menakjubkan? iya. Tapi bagian menakutkannya adalah tampilannya yang tak biasa untuk sebuah hasil karya seorang seniman, alih-alih nampak menarik, malah wajahnya tampak menyeramkan.

6. ASIMO

ASIMO 

ASIMO (Advanced Step in Innovative MObility) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO mampu bergerak seperti manusia karena pihak Honda meneliti cara kerja persendian serangga, mamalia, juga gerakan para pemanjat tebing. Asimo punya pinggang, lutut, dan persendian kaki. Salah satu kelebihan lain yang dimiliki Asimo adalah robot ini mampu berpaling tanpa harus berhenti dulu. Robot ini mampu menengok untuk merespon keramaian, bahkan berbicara beberapa kata. Tinggal menunggu waktunya saja hingga manusia bisa hidup berdampingan dengan robot, kamu siap?

7. CB2

CB2 

Hanya karena tidak banyaknya balita di Jepang, seorang profesor dari Jepang bernama Ishiguro menciptakan robot seberat 45 kg yang memiliki tampilan fisik dan mampu berpikir layaknya bayi berumur 2 tahun. CB2 (Child-robot With Biomimetic Body) mampu merengek dan merajuk meminta perhatian layaknya balita. Bahkan, robot ini bisa pundung layaknya balita jika tidak diperhatikan. Menakjubkan memang, tapi memangnya kita butuh robot balita ya?

8. Robokiyu

Robokiyu 

Robot ini bertujuan untuk mengamankan korban kecelakaan atau bencana yang tak sadarkan diri. Dengan sistem pertahanan diri yang kuat dan tahan api, robot ini telah menyelamatkan puluhan nyawa. Robot ini juga digunakan untuk mengangkut jasad yang akang merepotkan jika diangkut oleh manusia. Robokiyu mampu mengamankan korban tak sadar ataupun meninggal hingga bantuan lainnya datang. Cuma masih terbayang saja jika kamu pingsan di pinggir jalan dan ada robot ini, lalu kamu diamankan, begitu sadar kamu ada di dalam robot. Repot!

9. T52 Enryu

T52 Enryu 

Sama dengan Robokiyu, T52 Enryu juga digunakan untuk kepentingan darurat saat terjadi bencan alam. Dengan tampilannya yang besar, robot ini mampu digunakan untuk memindahkan reruntuhan bangunan berat saat menyelamatkan korban bencana. Robot ini mampu dikendalikan dari jarak jauh. Permasalah yang muncul adalah jika suatu waktu terjadi masalah saat mengontrolnya. Kebayang gak sih jika saat mengangkut beban berat robot ini hilang kontrol dan sembarangan melemparkan beban tersebut? Tapi keren dan bermanfaat lah ini robot. Ya gak?

10. Titanonoa

Titanoboa 

Apa yang lebih menyeramkan selain melihat ular raksasa sepanjang 50 kaki beraksi di film? Kamu melihat robot ular sepanjang 50 kaki. Bukan hanya untuk mengenang keberadaan makhluk raksasa yang hidup 60 juta tahun lalu, robot Titanoboa buatan EatArt yang merupakan sebuah proyek seni independen yang bertujuan untuk kampanye dan diskusi masalah perubahan iklim yang ekstrim dan pemanasan global.
 
 
 
 
Gimana menurut kamu. Robot mana yang paling menakjubkan dan mengerikan?



Comments

  1. No. 3 SEREEEMM!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. No 1 tergolong serem tuh ... semakin maju aja nih jaman

    ReplyDelete
  3. kayaknya kudu kenalan sama yang Animatronic nih, tapi mayan serem juga kalo bisa idup kayak orang gitu XD

    ReplyDelete
  4. Baca robot-robot gini seakan nunggu era Terminator jadi kenyataan.

    ReplyDelete
  5. Macam macam robotnya. Ada yang serem, ular raksasa titanonoa. Kalau tidak terkontrol bisa merusak kota.

    ReplyDelete
  6. Nanti kyaknya bakal ada terminator

    ReplyDelete
  7. Seru kayanya kalo banyak robot asli

    ReplyDelete

Post a Comment