3 Aplikasi Android yang WAJIB Kamu Pasang Biar Internetan Makin Aman

3 Aplikasi Android yang WAJIB Kamu Pasang Biar Internetan Makin Aman 
 
Murahnya tarif internet dan banyaknya ketersediaan HP Android murah membuat kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari menonton video dan mendengarkan musik secara digital (streaming), terhubung dengan media sosial, bahkan belajar online.

Namun, internet masih memiliki kekurangan yang berpotensi membuat data pribadi pengguna dicuri dan dimanfaatkan sekelompok orang untuk kepentingan mereka. Terlebih jika HP Android yang kamu gunakan tidak dilengkapi fitur keamanan prima.

Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, lakukan cara aman saat internetan dengan memasang 3 aplikasi internet aman ini ke dalam HP Android kamu. Apa saja itu?

3 Aplikasi Android yang WAJIB Kamu Pasang Biar Internetan Makin Aman

1. Aplikasi VPN

masukkan deskripsi gambar disini
Jenis aplikasi internet aman yang pertama adalah aplikasi VPN. Mudahnya, VPN atau Virtual Private Network adalah bentuk akses internet pribadi yang akan memanipulasi koneksi internet kamu. Hasilnya, kamu akan mengirim dan menerima data yang seolah menunjukkan bahwa kamu berada di tempat lain.
Di Google Play Store, kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi VPN untuk diinstal ke Android. Salah satu yang populer adalah Opera VPN, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang browser Opera.

Opera VPN dilengkapi sejumlah fitur unggulan seperti kemampuan menghilangkan cookies pelacak iklan, meningkatkan privasi kamu saat mengakses jaringan internet, memudahkan kamu mengakses lebih banyak konten (termasuk yang diblokir), memperluas jangkauan geografis aplikasi, dan menguji keamanan sebuah jaringan WiFi.

2. Aplikasi Antivirus dan Antimalware

 

masukkan deskripsi gambar disini 

Saat ini, sejumlah HP Android sudah dilengkapi aplikasi antivirus bawaan dengan kemampuan scanning dan mencegah malware masuk ke HP Android kamu. Namun, jika kamu merasa aplikasi antivirus bawaan tidak bekerja tangguh atau HP yang kamu gunakan sama sekali tidak dilengkapi aplikasi tersebut, kamu wajib memasangnya sekarang.

Salah satu aplikasi antivirus dengan kemampuan antimalware yang bisa kamu gunakan adalah Malwarebytes Anti-Malware. Aplikasi ini bisa mendeteksi dan mencegah malware, spyware dan Trojan, scanning aplikasi yang tidak aman, mendeteksi aplikasi yang melakukan pelacakan lokasi di luar izin, dan memberikan notifikasi saat menerima link malware melalui SMS.

Fungsi di atas bisa kamu dapatkan dengan memasang aplikasi Malwarebytes Anti-Malware. Namun, kamu jangan hanya sekedar instal saja. Perbaharui juga secara rutin atau aktifkan fitur schedules automatic scans dengan waktu sesuai keinginan kamu.

3. Aplikasi Pemblokir Iklan

 

masukkan deskripsi gambar disini
Jenis aplikasi internet aman yang ketiga adalah aplikasi pemblokir iklan. Aplikasi jenis ini sangat diperlukan karena terdapat sejumlah malware berbentuk iklan. Agar kamu tetap aman saat internetan, lebih baik kamu pun menambahkan pemblokir iklan pada HP Android yang digunakan.
Saat ini, sejumlah browser sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah Dolphin Browser, yang di dalamnya juga sudah disertai dengan video player HTML5, flash player, dan gestur unik.
Agar lebih aman saat internetan, silakan instal 3 aplikasi di atas pada HP Android kamu. Jika sudah merasakan perbedaannya, jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Comments

  1. Nomer 1 sama 3 penting bgt gan. Kalo malwere masa android bisa keserang sih ? Hmm bukannya android os paling aman dari virus malware ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. BAru pernah pake yg nomor 1, yang 2 dan 3 belum karena kebetulan hapenya sudah ada security bawaan. Tapi makasih infonya! sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Instal yang pemblokir iklan. Supaya saat menggunakan android tidak terhalang dengan iklan.

    ReplyDelete

Post a Comment